Kamis, 05 November 2015

Accounting Information System

Kalian tau nggak sih, apa itu AIS? Apa hubungannya sama akuntansi? Dan apa aja sih yang dihasilkan AIS itu?
Yang mau aku bahas disini bukan AIS nama panggilan orang lho yah, tapi AIS salah satu istilah atau singkatan dalam ilmu akuntansi. Yaitu Accounting Information System (AIS) atau dalam bahasa Indonesianya lebih dikenal dengan Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Sistem informasi akuntansi merupakan kumpulan dari sumber daya (seperti data-data tentang keuangan dan lainnya) dan manusia yang diolah dan hasil dari pengumpulan dan pengolahan informasi tersebut akan dijadikan sebagai sumber informasi. Salah satunya berguna untuk manajemen sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan keputusan.
Nah dari kata “Sistem informasi akuntansi” aja sudah bisa ditebak kalo itu sudah pasti ada hubungannya sama AKUNTANSI. Yuppss, Sistem informasi akuntansi ini merupakan perkembangan dari akuntansi. Maklumlah sekarangkan zaman udah modern banget yah, jadinya manusia zaman sekarang itu pengennya yang cepat dan mudah. Nah dari situ muncullah Sistem Informasi Akuntansi untuk mempermudah manusia dalam urusan yang berhubungan dengan ilmu akuntansi. Sistem informasi akuntansi ini merupakan sistem berbasis komputerisasi berbeda dengan sistem akuntansi yang manual. Sistem informasi akuntansi yang pembuatannya lebih cepat dan pengaksesannya juga lebih mudah akhirnya menggeserkan sistem akuntansi yang katanya sudah tidak sesuai dengan zaman modern seperti sekarang. Meskipun dalam beberapa perusahaan mungkin masih ada yang menggunakan sistem akuntansi.

Hasil yang diperoleh dari sistem informasi akuntansi ini nantinya akan digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai sumber informasi atau pertimbangan dalam pembuatan keputusan.ada dua utput sistem informasi akuntansi, yaitu Informasi Akuntansi Keuangan (IAK) dan Informasi Akuntansi Manajemen(IAM).  Dimana informasi akuntansi keuangan biasa digunakan oleh pihak ekternal perusahaan seperti investor, kreditor, pemerintah dan lainnya. Sementara informasi akuntansi manajemen digunakan oleh pihak internal perusahaan, contohnya oleh manajemen dan pimpinan perusahaan/direktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar